Rabu, 23 Januari 2013

Cara Mempercepat Perkecambahan Rambutan

Saya menyediakan souvenir tanaman terutama bibit buah2an. Pesanan biasanya mendadak dengan waktu yang terbatas untuk membibitkan tanaman. Terkadang pesanan diminta dalam ukuran mini sehingga walaupun ada stok kami harus tetap membuat bibit baru dari biji. Jenis yang sering kami produksi dadakan adalah rambutan.

Rambutan memiliki kecepatan bertunas dan mengeluarkan daun yang tergolong cepat. Pada saat cuaca kondusif atau tidak sering hujan lebat seperti sekarang, memang mudah membibitkannya langsung di polybag. Jika cuaca seperti saat ini yaitu hujan yang tiada henti, sangat sulit membuatnya bertunas. kecenderungan untung membusuk dan berjamur sangat tinggi.

Untuk menangani cuaca seperti ini, ada beberapa tips yang akan saya berikan, diantaranya adalah:
1. Membersihkan daging buah yang tersisa. Rendam biji sekitar 1/2 hari sampai daging buah yang tersisa melunak. Cuci air yang mengalir dengan kedua telapak tangan digoyang2. Usahakan kulit ari tidak terluka. Pastikan tidak ada daging buah yang tersisa karena menyebabkan benih berjamur.
2. Setelah biji bersih dari daging buah, kering anginkan biji diatas tisu/kertas koran.
3. Setelah kering dan bersih simpan di dalam kresek terikat sekitar 2-4 hari sampai biji bertunas. Ini dilakukan untuk meningkatkan suhu sekitar biji.
4. Buat tempat persemaian yang memungkinkan bibit terkena sinar matahari tetapi terlindungi dari air hujan yang berlebihan.
5. Siapkan media full pukan kambing yang sudah kering dan tidak berbau, masukkan ke dalam polybag.
6. Biji yang telah bertunas ditekan sedikit ke dalam media tanam.
7. Tunggu beberapa minggu, disiram sekitar 2 hari sekali.

InsyaALLAH, bibit rambutan akan tumbuh dengan cepat dan indah..aamiin..

Selamat mencoba, jika ada pertanyaan bisa langsung komen.. ^_^V

Tidak ada komentar:

Posting Komentar